selamat datang di blog saya

mari kita saling berbagi disini

Minggu, 29 November 2009

Teori Motivasi

Bagaiman cara anda sebagai pimpinan untuk memotivasi para karyawan anda ? Pilih saalh satu dari motivasi anda.
Sebelumnya kita mengenal dulu apa itu motivasi. Motivasi adalah keadaan dalam diri pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Jadi motivcasi bukanlah sesuatu yang dapat diamati, tetapi merupakan hal yang dapat disimpulkan adanya karena sesuatu perilaku yang tampak. Motivasi merupakan maslah yang kompleks dalam organisasi karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi adalah berbeda-beda dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.
Motivasi dapat ditimbulkan baik oleh faktor internal maupun eksternal tergantung dari mana suatu kegiatan dimulai. Kebutuhan dan keinginan yang ada di dalam diri seseorang merupakan motivasi internal. Begitu juga dalam suatu organisasi, setiap individu akan mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda dan unik.
Sedangkan motivasi eksternal menjelaskan kekuatan-kekuatan yang ada di dalalm individu yang dipengaruhi faktor-faktor intern. Untuk itu, teori motivasi eksternal tidak mengabaikan teori motivasi internal, tetapi justru mengembangkannya.
Ada 7 macam teori motivasi yang dikembangkan oleh para ahli yang berbeda-beda. Para ahli-ahli tersebut mendefinisikan teori motivasi sesuai dengan gambaran dan penglihatan mereka dengan kehidupan yang ada saat ini.
• Teori Presentasi oleh MC Clelland
• Teori Harapn
• Teori keadilan / Equily Theory (comparison other)
• Teori klasik oleh F.W Taylor
• Teori Human Relations (mengaruh pada faktor manusiawi)
Teori presentasi dari MC Clelland mempunyai tige kebutuhan manusiawi yaitu :
1. Kebutuhan presentasi (need for achievment)
2. Kebutuhan afiliasi (need for afilioation)
3. Kebutuhan kekuasaan (need for power)
Dari bebrapa macam teory yang ada saya akan menjelaskan slah satu tori tersebut tentunya untuk memotivasi paara karyawan saya agar bisa melakukan kewajiban sesuai dengan apa yang harus dia kerjakan, saya sebagai pemimpin akan memotivasi parah karyawan denga menggunakan teori presentasi dari MC Clelland yang dikembangkan melalui riset empiris.
Dengan teori ini saya memotivasi para karyawan untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik dalam melakukan pekerjaan, dan saya ingin membuat beberapa peraturan agar karyawan bisa menjadi lebih dalam melakukan pekerjaan, dan saya ingin membuat beberapa peraturan agar karyawan bisa menjadi lebih termotivasi dan bersikap profesionalisme dalam melakukan pekerjaan. Peraturan itu tidak bersifat kaku, dengan kata lain peraturan ini akan membuat para karyawan lebih beremangat dalam melakukan pekerjaan. Adapun peraturan yaitu apbila datang ke kantor harus jam 08.00tetapi diberikan dispensasi menjadi jam 08.30 wajib memakai seragam kantor yang sudah disediakan. Apbila ada lembur maka gaji yang kita berikan tidak sama dengan gaji sebenarnya. Saya juga memberikan karyawan bonus apabila merelka dapat memberikan keuntungan dalam perusahaan. Agar tidak jenuh dengan pekrjaan saya memberikan hadiah berupa tiket untuk berefresing yang saya berikan setiap 5 bulan sekali.
Dengan cara-cara seperti itu saya berharap oara karyawan mempunyai prestasi yang lebih baik lagi dan dapat ter motivasi dalam pekerjaan. Memotivasi orang lain kadang memeang sulit dari pada memotivasi diri sendiri karena meotivasi orang lain butuh kemampuan dan kemauan yang benar-benar serius dan tidak boleh main-main apabila kita mau mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi dari sebelumnya.
Dengan memotivasi karyawan seperti ini pastinya saya mempunyai gambaran supaya saya bisa menjadikan perusahaan saya agar lebih maju lagi kedepannya dan saya berusah asebaik mengkin agar semua yang saya inginkan dapat tercapai seperti harapan saya maka dari itu saya harus bisa memotivasi karyawan saya, begitu juga dengan saya sendiri. Saya juga harius mempunyai motivasi yang besar ahar karyawan saya juga bersemangat dalam melakukan perkerjaannya.
Denagn milih teori yang dikembangkan oleh Mc Clellead menganai prestasi saya berfikir bahwa segala sesuatu yang diingin dikatakan sukses pasti ada perjuangan yang harus dilalui dan perjuangan itu tentunya tidak mudah dan butuh waktu, tenaga, dan kesungguhan serta niat yang sungguh-sungguh dalam diri seseorang apabila dia mau menjadi orang yang sukses dan menginginkan prestasi yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar